Ciri ciri Lowongan Kerja Palsu yang Perlu di Waspadai

Ciri ciri Lowongan Kerja Palsu perlu waspada

Melamar kerja. Pada saat sekarang ini banyak sekali para pencari kerja yang mencari informasi lowongan pekerjaan melalui media cetak, seperti koran dan surat kabar serta internet dan media sosial dan layanan lowongan pekerjaan.
karena pengangguran tiap tahun makin bertambah sedangkan lapangan pekerjaan tidak bertambah, hal ini yang akan mengakibatkan bertambahnya pengangguran pada saat ini.

Untuk rekan rekan melamarkerja.com, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, sebelum melamar pekerjaan. yaitu tahapan mencari lowongan pekerjaan yang valid dan benar benar bukan lowongan kerja palsu. apa itu lowongan kerja palsu. lowongan kerja palsu adalah sebuah lowongan yang di informasikan baik di media cetak ataupun elektronik yang pada akhirnya meminta sejumlah uang kepada para pencari kerja. padahal sejatinya setiap perusahaan tidak akan meminta uang sedikitpun dari calon karyawan dalam tahapan seleksi karyawan.

Dengan adanya hal itu team melamarkerja.com akan membagikan beberapa ciri ciri lowongan kerja palsu yang harus di waspadai bagi para pencari kerja, diantaranya:

1. Alamat Email Perusahaan berdomain Gratis

Apa itu alamat email domain gratis? alamat email domain gratis adalah suatu alamat email yang di gunakan oleh salah satu perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, dengan alamat email seperti gmail.com, yahoo.com seperti contoh recruitment.ptabc@gmail.com hal ini patut anda waspada, karena jika suatu perusahaan yang benar benar mempunyai kreadibilitas yang baik tentunya tidak akan menggunakan alamat email domain yang gratis. pastinya akan menggunakan alamat email yang pasti hampir sama dengan nama domain websitenya, seperti contoh www.asdfg.com adalah website resmi dari PT Asdfg. biasanya alamat email yang di pakai akan berdomain @asdfg.com contonya recruitment@asdfg.com.

2. Meminta Uang Transportasi atau Reservasi Hotel

Ciri ciri lowongan pekerjaan palsu pada point kedua ini adalah, biasanya pada saat akan melakukan interview jika lokasi tes itu jauh dari daerah asal kita, maka kita akan dimintakan untuk membeli tiket perjalanan traveling serta reservasi hotel yang ditujukan kepada suatu agen travel, dengan alasan uang transport akan digantikan jika setelah sampai tujuan, yaitu tempat interview akan dilaksanan.

Jika ada dari rekan rekan melamarkerja.com mendapatkan panggilan tes interview seperti itu, mohon untuk di abaikan saja. karena sudah pasti itu adalah panggilan interview palsu.

3. Melakukan Tes Interview di Kios atau Ruko

Melakukan tes interview atau di ruko ruko meskipun tidak sepenuhnya adalah lowongan kerja palsu. namun, hal tersebut perlu kita waspadai jika anda mendapatkan panggilan dari perusahaan yang ternama. Pada saat melakukan proses tes atau interview di lakukan di kios atau ruko, padahal yang membuka lowongan pekerjaan itu adalah dari perusahaan ternama.

4. Referensi Lowongan Kerja Tidak Jelas

Maksud dari referensi lowongan kerja tidak jelas adalah, jika anda mencari lowongan kerja dari website website dari hasil pencarian google harus lebih teliti lagi, karena jika lowongan kerja itu asli dan tidak palsu maka website tersebut akan melampirkan referensi atau sumber lowongan kerja yang di posting di website tersebut. seperti halnya setiap lowongan kerja yang di posting di MELAMARKERJA.COM akan selalu di lampirkan sumber dari lowongan kerja yang didapat. karena itu membuktikan keaslian dari lowongan kerja tersebut. seperti contoh pada postingan lowongan kerja dari MELAMARKERJA.COM dibawah ini:

melamar keja

Dari gambar di atas pada bagian kotak merah adalah sumber lowongan kerja yang di posting oleh melamarkerja.com. hal itu di lakukan agar lowongan yang di posting benar benar lowongan pekerjaan asli.

Dari ciri ciri lowongan kerja paslu di atas, kita jadi lebih mengetahui mana lowongan kerja yang palsu dan mana lowongan kerja yang asli. Semoga bagi anda atau para pencaker lainnya harus lebih waspada dalam mencari sumber lowongan pekerjaan pada saat ini, karena jika kita tidak jeli dan mampu membedakan, serta termakan oleh omongan omongan para oknum yang mengatasnakan dari suatu perusahaan, kita akan menjadi korban dari para oknum oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut. semoga untuk para pencari kerja segera mendapatkan pekerjaan.

Dan semoga artikel ini bisa membantu untuk para pencari kerja dalam membedakan mana lowongan pekerjaan yang asli dan mana lowongan pekerjaan yang palsu.

 

image source: freepik.com

Ciri ciri Lowongan Kerja Palsu perlu waspada
Previous Post

No more post

Ciri ciri Lowongan Kerja Palsu perlu waspada
Next Post

No more post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *